Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang dari umat ini baik Yahudi dan Nashrani mendengar tentangku, kemudian dia meninggal dan tidak beriman dengan agama yang aku diutus dengannya, kecuali dia pasti termasuk penghuni neraka." (Shahih Muslim: 218)

Darah Yesus tidak Dapat Menyelamatkan

Pengampunan dosa dalam Bibel Perjanjian Lama, selalu tidak dapat dipisahkan dengan korban persembahan darah binatang. Binatang itu bisa berupa lembu, kambing, domba, burung merpati dan burung tekukur. Bagi Tuhan, persembahan tersebut telah cukup untuk menghapus dosa manusia, namun tidak bagi Paulus. Paulus menyatakan bahwa persembahan yang di tuntut hukum Taurat  tidaklah sempurna, itulah sebabnya manusia berulang-ulang selalu melakukan persembahan setiap tahunnya untuk menghapus dosa. Menurut Paulus, korban yang dapat menjadi persembahan yang sempurna adalah korban persembahan yang tidak bernoda dan itu hanya bisa dilakukan oleh Yesus. Yesus dikatakan oleh Paulus tidak bernoda, karena Yesus lahir tanpa hubungan badani laki-laki dan perempuan sehingga tidak mewarisi natur dosa Adam. Yesus adalah sosok yang paling sempurna untuk menjadi “Anak Domba Allah” yang darah-Nya dicurahkan untuk penebusan dosa manusia. Sebab Ia sendiri adalah Allah yang tidak berdosa, yang immune dari dosa dan Ia tidak mewarisi dosa Adam. Persembahan yang Yesus lakukan di kayu salib merupakan persembahan sekali untuk selamanya.

Dalam ajaran para pemujanya, Yesus adalah firman Allah yang turun ke dunia sebagai anak manusia. Walaupun dalam rupa Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan. Yesus justru mengosongkan dirinya sendiri, mengambil rupa seorang hamba dan menjadi sama seperti manusia. Yesus dianggap sebagai Tuhan, juru selamat dan sekaligus penebus dosa yang akan menyelamatkan manusia yang percaya kepadanya. Dosa yang dimaksud tentu bukanlah dosa yang biasa dilakukan manusia, dosa yang dimaksud adalah dosa asal. Istilah “dosa asal” berhubungan dengan dosa ketidaktaatan Adam dalam memakan dari Pohon Pengetahuan Baik dan Jahat dan efek dari dosa asal ini kemudian menjangkiti juga terhadap semua manusia yang dilahirkan oleh Adam dan Hawa. Maka karena Adam dan Hawa berdosa, maka semua manusia yang dilahirkan menjadi memiliki natur dosa. Dosa waris bisa dijelaskan sebagai “dosa dan kesalahan dimiliki oleh semua manusia” sebagai akibat secara langsung dari dosa Adam di Taman Eden. Jelas bahwa “Dosa Asal” adalah dosa yang dilakukan oleh Adam, bapa dari segala umat manusia. Karena dosa Adam, setiap manusia diciptakan tanpa rahmat, karena dia adalah bapa dari segenap umat manusia. Akibat dari dosa Adam pintu-pintu surga tertutup; penyakit, penderitaan dan kematian datang ke dunia, pikiran manusia dikuasai oleh kegelapan dan dia menjadi lemah. Dosa asal adalah suatu kerusakan natur kita secara turun-temurun, yang menyebar ke seluruh jiwa manusia, yang menjadikan manusia layak dimurkai Allah, dan yang menghasilkan hal-hal jahat di dalam manusia dengan apa yang dalam Alkitab disebut “perbuatan daging”. Perbuatan daging yang bertentangan dengan hukum Allah yang dilakukan manusia secara pribadi, itu adalah dosa pribadi. Walaupun dikatakan oleh Kristen bahwa akibat dari dosa asal tersebut kemudian penyakit, penderitaan dan kematian datang ke dunia, tetapi anda tidak akan menemukan orang Kristen yang telah menerima Yesus dan dibaptis, kemudian menjadi tidak pernah sakit, menderita atau mati. Orang-orang Kristen sama saja seperti saya atau anda. Mereka masih bisa sakit, menderita atau mati pada saatnya nanti. Semua itu adalah bukti bahwa dogma penebusan dosa dalam Kristen adalah omong kosong, karena efek dari penebusan tersebut tidak terlihat dari orang-orang Kristen.


Perbedaan Islam dan Kristen dalam melihat Adam dan Hawa, adalah jika dalam Islam Adam dan Hawa dijadikan oleh Allah Subhanahu wata’ala sebagai manusia yang memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa. Sehingga ketika Adam dan Hawa turun ke bumi, anak cucu yang diturunkannya kemudian mewarisi kecenderungan tersebut. Sebagaimana di dalam sebuah hadits Shahih, Rasullullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam bersabda, “Setelah membentuk tubuh Adam alaihi salam, Allah Subhanahu wa Ta'ala pun membiarkannya di surga sesuai dengan kehendak-Nya. Tak lama kemudian, iblis datang mengitari tubuh Adam sambil mengamati. Setelah mengetahui bahwasanya tubuh Adam itu mempunyai rongga, maka lblis pun mengerti bahwasanya Adam diciptakan dalam kondisi yang tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri” (Muslim: 4727). Sedangkan menurut Kristen, Adam dan Hawa diciptakan menurut gambar dan rupa Tuhan. Sehingga menurut mereka, Adam dan Hawa diciptakan suci dan tidak dapat berbuat dosa atau salah sebagaimana Tuhan. Pandangan seperti ini tentu saja tidak masuk akal. Karena bagaimana mungkin Adam dan Hawa makhluk yang suci dan tidak dapat berbuat dosa atau salah jika Adam dan Hawa sendiri mampu di goda Iblis?

Suatu hari, saya membaca sebuah kiriman seorang pemuja Yesus di salah satu grup yang ia ikuti. Dia menulis demikian,

“Menjawab pertanyaan : apakah anda YAKIN akan masuk Sorga?
Sorga itu SUCI/KUDUS. Tidak mungkin ada setitik dosa/noda yang bisa masuk kesana. Jadi, SIAPAPUN yang hendak masuk ke Sorga, HARUS tidak memiliki dosa/noda sama sekali.
Dan satu2-nya yang MAMPU membuat siapapun SUCI tanpa DOSA/NODA adalah kuasa : Darah Anak Domba Allah ( Yaitu Yesus Kristus ).
Krn saya PERCAYA kepada Kristus Yesus Tuhan, maka saya YAKIN pasti akan disucikan dari dosa. Dengan demikian, saya YAKIN akan masuk Sorga.
Sebagai pengikut-Nya (Kristiani), dan sebagai orang yang PERCAYA kepada-Nya, maka konsekuensinya adalah : selama masih hidup di dunia ini TUGAS saya adalah melakukan KEHENDAK-Nya. Yaitu : Mengasihi-Nya, dan mengasihi sesama umat manusia.
Berbuat jahat, menghina, menghujat, menghakimi, sombong, tinggi hati, dan segala sesuatu yang bersifat NEGATIF yang lain, itu semua BUKAN kehendak-Nya.
Saya akan terus belajar mengurangi bahkan meninggalkan hal-hal yang TIDAK dikehendaki oleh Tuhan.
Gbu.”

Kiriman di atas benar, bahwa memang benar surga itu suci/kudus dan yang dapat masuk surga hanya orang-orang yang tidak memiliki dosa, bahkan menurut agama Islam, orang yang dalam hatinya masih ada sifat sombong walaupun sebiji sawi dikatakan tidak akan dapat masuk surga. Yang salah adalah anggapan bahwa Yesus satu-satunya yang dapat membuat siapa pun suci tanpa dosa, sehingga dapat menghantarkan seseorang masuk surga. Sekalipun seandainya pengorbanan Yesus di kayu salib adalah benar dapat menyucikan orang yang percaya padanya, pengorbanan Yesus tersebut tidak kemudian membuat para pemujanya masuk surga. Pertama yang harus di ingat, pengorbanan Yesus di kayu salib itu hanya untuk menebus dosa akibat dari pelanggaran Adam dan Hawa (dosa asal/dosa natur), bukan dosa pribadi karena melanggar hukum Allah. Jadi, sekalipun orang Kristen telah di baptis dan menerima Yesus sebagai Tuhan, tetapi jika dia hidup dengan banyak melanggar hukum-hukum Allah, maka penebusan Yesus sama sekali tak akan banyak membantu. Hanya ada dua cara agar orang Kristen dapat masuk surga hanya dengan bermodal penebusan Yesus. Cara pertama, hidup tanpa berbuat dosa dan ini tidak mungkin karena tidak ada manusia yang bebas dari berbuat dosa. Atau cara yang kedua, bertobat dari dosa yang pernah dilakukan dan ini mustahil juga karena syarat pengampunan dosa haruslah menyerahkan korban tebusan. Jadi, sebagai orang Kristen yang berdosa, apa yang harus anda lakukan? Yang anda lakukan adalah menjadi seorang Muslim/Muslimah atau menjalani pembersihan dosa dalam api penyucian. Ada yang bilang bahwa penderitaan di api penyucian tidak sama dengan di neraka, itu tidak benar. Karena Menurut Bapa-bapa kudus dari Gereja Katolik, api dari api penyucian tidak berbeda dengan api dari neraka, kecuali dalam hal lamanya/waktunya. “Itu adalah api yang sama”, kata orang suci yang bernama Thomas Aquinas, “yang menyiksa orang jahat/orang yang ditetapkan untuk binasa dalam neraka, dan orang benar dalam api penyucian. Rasa sakit yang paling kecil di api penyucian,” katanya, “melebihi penderitaan yang paling besar dalam hidup ini”. Tidak ada sesuatu apapun kecuali lamanya yang kekal yang membuat api neraka lebih mengerikan/dahsyat dari pada api dari api penyucian.


Protestan menolak Doktrin api penyucian karena berdasar dari kitab Apokrip. Keselamatan dalam Protestan hanya bermodal pada penebusan Yesus. Menurut mereka, orang yang betul-betul percaya kepada Yesus tidak bisa dihukum. Itu sesuai dengan Roma 8:1 yang berbunyi: “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus”. Semua dosa, cacat cela dan ketidaksempurnaan sudah dibayar lunas oleh Kristus, sehingga tidak mungkin dihukumkan lagi kepada orang Kristen, baik di dalam dunia ini atau di api pencucian ataupun di neraka! Doktrin ini saya katakan lebih sesat dan jauh lebih berbahaya dari pada Doktrin api penyucian Katolik. Doktrin keselamatan ala Protestan ini juga bertentangan dengan keadilan Tuhan, karena orang suci yang selalu menjaga diri dari dosa keadaannya sama saja dengan orang berdosa, yaitu sama-sama masuk surga. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Darah Yesus tidak Dapat Menyelamatkan"

Posting Komentar

Pastikan komentar anda tidak keluar dari topik; menjawab atau menyanggah isi postingan. Komentar di luar itu tidak akan pernah ditayangkan.